AdhWebsite | Blog Rumus dan Tutorial Excel

Sudah Tahu Apa Beda Antara Menu Save serta Save As Dalam Excel ? Mari Kita Bahas

Pembahasan tentang beda antara menu Save serta Save As pada proses penyimpanan file Excel baru dan lama

Pada artikel sebelumnya kita sudah bahas tentang cara menyimpan file Excel kedalam beberapa format. Format tersebut adalah PDF, JPG, PNG dan lain - lain. Adapun menu yang digunakan pada proses penyimpanan file Excel tersebut adalah Save As. Ini artinya menu Save As bisa digunakan untuk penyimpanan file Excel kedalam beberapa format selain xls atau xlsx.

Dalam Excel untuk proses penyimpan file bisa dengan menggunakan menu Save, Save As dan bisa juga dengan menggunakan shortcutJika dilihat hanya sepintas menggunakan menu Save dan Save As pada Excel memang terlihat hampir sama. Lalu, apakah kedua tersebut memang sama fungsinya atau justru berbeda ? Untuk bisa mengetahui dan menjawab pertanyaan tersebut tentu kita harus memahami fungsi dari kedua menu tersebut secara detail terlebih dahulu.

   

Ketahui Beda menu Save dan Save As Sebelum Digunakan


Seperti yang disebutkan diatas bahwa secara umum menu Save dan Save As ini fungsinya adalah untuk menyimpan file Excel. Pada dasarnya kedua menu ini memang sama - sama untuk menyimpan file Excel bahkan posisi dari kedua menu ini juga sama - sama ada pada Tab File. Tapi sebenarnya ada perbedaan dari kedua menu tersebut yang rasanya penting untuk kita ketahui. Proses penyimpanan file ini bisa dalam bentuk format xls atau xlsx. Tapi bisa juga menyimpan file Excel ke PDF atau format data lain selain xls atau xlsx.

 

Beda Save dan Save As Dalam Excel


Jika membahas tentang cara menyimpan file dalam Excel akan kita temui dua kondisi yaitu menyimpan file Excel baru serta menyimpan file Excel yang telah disimpan sebelumnya. Jika tujuannya adalah untuk menyimpan file Excel yang baru maka kita bisa menentukan dimana file Excel tersebut akan disimpan. Selain itu kita juga bisa mengubah nama file Excel yang secara default sudah dibuat oleh Microsoft Excel. Lokasi default ini tentu bisa kita ubah sesuai dengan kebutuhan dan juga bisa mempercepat proses penyimpanan file Excel. Karena kita tidak perlu memilih lokasi baru karena secara default lokasi sudah kita tentukan pada area yang disimpan.

   

Beda Menu Save dan Save As


Untuk bisa membedakan menu Save serta menu Save As mari kita bahas dari dua sudut pandang terkait dengan menyimpan file dalam Excel. Proses menyimpan file dalam Excel bisa kita bagi kedalam dua kondisi dari file Excel yang bersangkutan. Pertama adalah menyimpan file Excel yang belum disimpan sebelumnya atau menyimpan file Excel baru. Kedua adalah menyimpan file Excel lama atau file Excel yang pernah disimpan sebelumnya.

 

1. Menyimpan File Excel Baru


Untuk menyimpan file Excel baru dengan menggunakan menu Save As maka proses yang dilakukan adalah mengubah nama file Excelnya serta menentukan lokasi dari penyimpanan file Excel. Sedangkan jika menyimpan file Excel baru dengan menggunakan menu Save maka prosesnya sama dengan menggunakan menu Save As yaitu menentukan lokasi serta membuat nama file baru.

Jadi, pada proses penyimpanan file Excel baru menu Save serta menu Save As ini hasilnya sama saja dan tidak ada perbedaan sama sekali. Karena kedua menu ini akan sama - sama menyimpan file Excel untuk pertama kalinya. Biasanya menyimpan file Excel baru ini sering ditemui juga pada format file selain default Excel. Misalnya menyimpan file Excel ke JPG atau PNG.

  

2. Menyimpan File Excel Lama


Selanjutnya yang kedua jika menyimpan file Excel lama atau file Excel yang telah disimpan sebelumnya dengan menggunakan menu Save prosesnya langsung melakukan update pada file Excel tersebut. Maksudnya menu Save ini pada file Excel lama tidak melakukan perubahan pada nama file serta lokasi penyimpanan file. Sedangkan untuk penyimpanan file Excel lama dengan menggunakan menu Save As hasilnya akan muncul dua opsi.


Menu Save dan Save As Dalam Excel


Opsi yang pertama adalah muncul menu untuk mengubah nama serta lokasi penyimpanan file Excel dan tentu kita bisa mengubah lokasi dan nama file tersebut. Sedangkan opsi yang kedua muncul menu untuk mengubah lokasi dan penyimpanan file tetapi kita tidak mengubah nama serta lokasi penyimpanan file Excel. Melainkan kita langsung menyimpan file Excel tersebut dengan nama serta lokasi yang sama seperti yang digunakan sebelumnya.

Pada file Excel yang lama atau sudah disimpan sebelumnya menu Save serta menu Save As ada atau memiliki perbedaan. Detail perbedaan sudah dijelaskan dibagian atas.

 

Penutup


Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pada file Excel baru dan belum pernah disimpan sebelumnya menu Save serta Save As tidak memiliki perbedaan sama sekali. Sedangkan pada file Excel yang sudah disimpan sebelumnya maka menu Save serta menu Save As ini memiliki perbedaan. Prosesnya bisa dilihat pada urutan penyimpanan file Excel yang memang sesuai dengan fungsi dari masing - masing menu tersebut.  

Pada prinsipnya kedua menu diatas bisa digunakan untuk menyimpan file Excel baik untuk file Excel lama ataupun file Excel baru. Tapi untuk detail menu yang digunakan silahkan pilih sesuai dengan penjelasan diatas terutama penyimpanan file Excel lama dan pernah disimpan sebelumnya. Itulah pembahasan kita kali ini tentang beda menu Save serta Save As dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment