Mari Pahami Konsep Rumus Excel SUM Beda Sheet Pada Penjumlahan Angka Otomatis

Cara penjumlahan angka dengan rumus Excel SUM pada 2 Sheet yang berbeda dengan alamat Cell serta Define Name

Umumnya proses penjumlahan angka dalam Excel memang dilakukan pada satu Sheet yang sama. Tapi pada prosesnya kadang kita menjumpai penjumlahan beberapa angka yang posisinya ada pada Sheet berbeda. Pertanyaan yang mungkin muncul adalah apakah proses penjumlahan angka beda sheet ini sama persis dengan penjumlahan angka pada sheet yang sama ?

Jawaban singkat untuk pertanyaan tersebut adalah mirip. Proses yang digunakan pada penjumlahan angka beda Sheet ini memang hampir sama dengan penjumlahan sheet yang sama. Hanya saja tentu ada beberapa urutan langkah atau penulisan yang ditambahkan karena memang posisi angka pada penjumlahan ini berbeda lokasi.


Rumus Excel SUM Pada 2 Sheet Yang Berbeda


Dalam Excel proses penjumlahan angka bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Bisa dengan menggunakan tanda plus, rumus Excel serta menu tertentu. Selanjutnya pada artikel ini Saya akan menggunakan rumus Excel untuk penjumlahan beda Sheet. Adapun rumus Excel yang akan digunakan untuk penjumlahan angka tersebut adalah SUM.

 

Rumus SUM Beda Sheet

 

Dalam Excel rumus ini fungsinya memang dapat digunakan untuk penjumlahan angka. Proses penjumlahan angka dengan rumus Excel SUM akan berjalan secara otomatis. Artinya jika angka diketik pada area atau Cell tertentu maka secara otomatis penjumlahan akan dilakukan. Angka yang dapat dijumlahkan dengan rumus ini bisa diketik secara langsung atau ditempatkan pada Cell tertentu. Cell yang digunakan untuk pengetikkan angka bisa saja terdiri dari beberapa dan jika Cell tersebut ada pada urutan area yang sama disebut dengan range.

Rumus Excel SUM akan mempercepat serta mempermudah proses penjumlahan angka. Bahkan prosesnya juga tidak terlalu sulit, kita hanya cukup menyisipkan angka atau alamat Cell berisi angka pada argumen rumus Excel ini. Tapi sebelum melanjutkan, apakah sudah memahami apa itu Sheet dalam Excel ?


Apa Itu Sheet ?


Rasanya sebelum membahas penjumlahan beda Sheet kita harus memahami istilah Sheetnya terlebih dahulu. Dengan memahami apa itu Sheet maka kita juga akan otomatis memahami apa yang dimaksud dengan beda sheet pada proses penjumlahan angka ini. Karena rumus yang akan dibahas cukup berbeda dengan SUM pada satu Sheet.

Sheet dalam Excel adalah area yang digunakan untuk input serta pengolahan data. Secara umum Sheet ini biasa disebut juga dengan Worksheet. Pada Worksheet ini akan terdiri dari baris serta kolom. Baris akan berderet dari kiri ke kanan. Sedangkan kolom akan berderet dari atas kebawah. Potongan dari baris serta kolom tersebut disebut dengan Cell.

Secara default pada satu Workbook atau satu file Excel akan terdiri dari 3 Sheet. Biasanya default nama yang digunakan adalah Sheet1, Sheet2 serta Sheet3. Ketiga Sheet tersebut bisa digunakan untuk mengolah data secara terpisah. Dalam kondisi tertentu kadang kita ingin menambahkan angka yang ada pada Sheet1 dengan angka yang ada pada Sheet2. Penjumlahan angka dari kedua Sheet tersebutlah yang Saya sebut dengan penjumlahan beda sheet.

Posisi angka pada proses penjumlahan ini tidak terbatas hanya pada Sheet1 atau Sheet2 saja. Tetapi bisa juga pada lokasi Sheet lain misalnya Sheet3, Sheet4 dan seterusnya. Nama Sheet pada pembahasan kali ini akan diganti dan mohon untuk dicatat supaya nanti tidak bingung memahami penjelasan dibawah.

 

Metode Rumus Excel SUM Beda Sheet


Metode atau konsep pada SUM beda Sheet untuk penjumlahan angka bisa dibagi kedalam dua cara. Cara pertama adalah tanpa menggunakan define name atau langsung alamat Cell. Sedangkan cara kedua menggunakan nama range atau define name. Kedua cara tersebut sama - sama akan menjumlahkan angka pada dua Sheet yang berbeda. Tapi pada urutan serta langkah yang digunakan memang cukup berbeda.

Cara pertama mungkin merupakan cara yang paling mudah dan paling umum dilakukan. Karena cara ini tidak akan mengubah apapun kecuali menggunakan rumus Excel SUM saja. Pada cara ini kita akan langsung mengetik rumus Excel SUM pada Cell yang akan menampilkan hasil penjumlahan angka.

Sedangkan cara kedua sebelum menggunakan rumus Excel SUM kita harus mengubah nama rangengnya terlebih dahulu. Nama range tersebut nantinya akan disisipkan pada rumus Excel SUM. Konsep penulisan atau pengisian argumen rumus SUM memang sedikit berbeda dengan cara pertama. Karena pada rumus Excel SUM yang akan disisipkan bukan alamat Cell melainkan nama rangenya saja.

Kedua cara tersebut sama - sama bisa digunakan untuk menjumlahkan angka beda sheet dengan rumus Excel SUM. Tapi masing - masing dari kedua cara tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika proses penjumlahan angka hanya dilakukan satu kali saja maka rasanya akan lebih baik menggunakan alamat Cell saja. Kecuali jika proses penjumlahan angka akan dilakukan berkali - kali dengan deret angka yang sama maka akan lebih baik jika menggunakan define name atau nama range saja.


Cara Rumus Excel SUM Beda Sheet


Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menggunakan rumus SUM beda Sheet. Cara menjumlahkan angka otomatis dalam Excel ini akan menempatkan dua derat angka pada 2 Sheet berbeda. Dua deret angka pada 2 Sheet tersebutlah yang nantinya akan dijumlahkan secara langsung atau menggunakan nama range. Silahkan perhatikan gambar berikut ini :

 

Contoh Rumus SUM Beda Sheet


Pada contoh tersebut sudah ada 2 gambar dari 2 Sheet Excel. Gambar sebelah kiri merupakan deret pertama yang ada pada Sheet pertama. Sedangkan gambar kedua disebelah kanan adalah deret angka kedua yang ada pada Sheet kedua. Mohon dicatat bahwa pada kedua contoh tersebut masing - masing nama Sheet sudah diganti. Sheet pertama namanya diubah menjadi 1 dan Sheet kedua namanya diubah menjadi angka 2. Untuk urutan langkah serta penulisan rumus mari kita bahas satu persatu.


1. Tanpa Define Name


Jika akan langsung menggunakan alamat Cell maka langkahnya memang tidak terlalu sulit. Kita cukup dengan mengetikkan rumus Excel SUM pada Cell C2. Selanjutnya rumus tersebut akan otomatis menjumlahkan angka sesuai dengan fungsi dari rumus Excel SUM.

Rumus Excel :

=SUM('1'!A2:A6;'2'!A2:A6)

Rumus SUM diatas bisa diketik secara langsung atau bisa juga dengan menempatkan mouse pada area angka yang akan dijumlahkan. Jika ditulis secara langsung pastikan sesuai dengan contoh rumus diatas. Supaya hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Jika kesulitan mengetik rumusnya secara langsung silahkan ikuti langkah berikut ini :

  1. Klik Cell C2
  2. Ketik rumus Excel SUM : =SUM(
  3. Klik Sheet 1
  4. Klik kemudian pilih area angka pada kolom A
  5. Ketik tanda koma atau titik koma
  6. Klik Sheet 2
  7. Klik kemudian pilih area angka pada kolom A
  8. Ketik kurung tutup
  9. Tekan Enter

Sebenarnya hasil dari langkah - langkah diatas tetap akan memunculkan rumus Excel seperti yang ditulis. Hanya saja langkah per langkahnya memang diurutkan supaya mudah untuk dipahami. Angka 1 serta angka 2 pada rumus Excel SUM tersebut merupakan nama Sheet yang sebelumnya memang sudah diganti seperti yang dijelaskan diatas.

 

2. Dengan Define Name


Cara kedua kita akan menggunakan nama range atau define nama pada rumus Excel SUM beda sheet. Cara kedua ini memang cukup berbeda dengan cara pertama. Karena deret angka pada Sheet 1 dan Sheet 2 akan diubah terlebih dahulu. Perubahan nama ini memang secara umum tidak berpengaruh pada rumus SUM. Tapi secara tampilan memang sangat berbeda dengan rumus pertama.

Rumus Excel :

=SUM(Angka_1;Angka_2)

Seperti yang terlihat pada rumus tersebut bahwa urutan argumen memang sangat berbeda. Muncul teks "Angka_1" dengan teks "Angka_2. Kedua teks tersebutlah yang disebut dengan nama range. Nama range ini harus dibuat terlebih dahulu sebelum menyusun rumus Excel SUM. Setelah namanya dibuat baru kemudian disisipkan pada rumus Excel SUM.

Adapun langkah mengubah nama range angka pada Sheet 1 menjadi "Angka_1" adalah sebagai berikut :

  1. Blok Cell A2 sampai dengan A6
  2. Klik Tab Formulas
  3. Klik Define Name
  4. Kotak Name isi dengan : Angka_1
  5. Kotak Scope : Workbook
  6. Kotak Refers to='1'!$A$2:$A$6
  7. Klik OK

Sedangkan langkah untuk mengubah nama range angka pada Sheet 2 menjadi "Angka_2" adalah sebagai berikut :

  1. Blok Cell A2 sampai dengan A6
  2. Klik Tab Formulas
  3. Klik Define Name
  4. Kotak Name isi dengan : Angka_2
  5. Kotak Scope : Workbook
  6. Kotak Refers to='2'!$A$2:$A$6
  7. Klik OK

Setelah kedua nama range tersebut dibuat silahkan gunakan pada rumus Excel SUM. Caranya sangat mudah karena cukup dengan mengetik nama range yang telah dibuat diatas. Dengan menyebutkan nama range maka secara otomatis deret area yang dituju adalah area yang telah dipilih. Sehingga secara otomatis angka pada kedua deret tersebut juga akan dijumlahkan seperti pada rumus yang pertama. 


Kesimpulan


Dari pembahasan diatas bisa disimpulkan bahwa jika rumus Excel SUM pada penjumlahan angka beda Sheet ini tidak digunakan berkali - kali maka silahkan gunakan alamat Cell saja. Jika memang akan menggunakan Define Name maka pastikan sudah memahami bagaimana urutan pada penggunaan menu tersebut. Supaya proses pemanggilan nama pada rumus SUM akan sesuai dengan yang ditentukan.

Pada prinsipnya konsep penjumlahan angka beda sheet ini tidak hanya bisa dilakukan pada rumus Excel SUM saja. Tapi bisa juga digunakan pada turunan rumus Excel SUM yang lain. Adapun dua turunan rumus Excel SUM tersebut adalah SUMIF serta SUMIFS.

Itulah pembahasan kita kali ini terkait dengan rumus SUM Beda Sheet dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. Pastikan mempelajari artikel lain yang terkait dengan pembahasan ini. Supaya bisa memahami konsep yang digunakan pada rumus SUM secara keseluruhan.

Post a Comment