Penyebab Rumus Excel SUM Hasilnya 0 ( Nol ) Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Inilah 2 penyebab rumus Excel SUM hanya menampilkan hasil angka nol serta beberapa cara mudah untuk mengatasinya

Proses menjumlahkan angka dalam Excel memang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa dipilih salah satu diantaranya. Bisa dengan menggunakan rumus, menu yang sudah disiapkan dan tentu bisa juga dengan menggunakan symbol atau tanda plus. Ketiga cara penjumlahan angka dalam Excel tersebut akan dijalankan secara otomatis bukan manual satu persatu.

Tentu dari setiap proses penjumlahan hasil yang ingin ditampilkan adalah jumlah dari angka - angka tersebut. Begitupun dalam Excel, hasil dari rumus maupun menu yang digunakan adalah jumlah dari angka - angkanya. Tapi, apakah pernah mengalami menjumlahkan angka dalam Excel justru hasilnya adalah 0 ( nol ) ?

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Hasil Rumus SUM Menampilkan Angka Nol


Dalam Excel rumus SUM fungsinya memang untuk menjumlahkan angka. Adapun angka yang dijumlahkan dengan rumus ini bisa dua angka, satu deret bahkan beberapa deret. Dalam prosesnya deret angka pada Excel memang harus berisi angka dan jika bukan berisi angka maka akan diabaikan oleh rumus ini. Maksudnya jika pada range terdiri dari angka serta teks maka yang akan dijumlahkan hanya angka saja. Sedangkan untuk teks akan diabaikan.

 

Rumus SUM Hasilnya Nol

 

Rumus Excel SUM secara fungsi memang sering digunakan untuk menjumlahkan angka dalam satu atau beberapa deret. Setiap deret pada rumus Excel SUM ini akan dipisahkan oleh koma atau titik koma. Koma atau titik koma pada pemisah rumus Excel akan ditetapkan berdasarkan Region and Language. Jika Region and Language yang dipilih adalah Indonesian maka pemisah rumus Excel adalah tanda titik koma.

Karena rumus ini akan menjumlahkan angka secara otomatis maka hasil penjumlahan angka akan langsung muncul. Selain itu jika ada angka yang berubah pada deret tersebut maka hasil penjumlahan angka juga akan otomatis berubah. Masalahnya adalah, bagaimana jika hasil penjumlahan dengan rumus Excel SUM ini hanya menampilkan angka nol saja ?

Dalam artikel ini Saya akan menjelaskan tentang hal tersebut. Adapun detail pembahasan akan dibagi kedalam dua bagian. Pertama adalah apa saja yang menjadi penyebab hasil rumus Excel SUM hanya nol dan kedua bagaimana cara mengatasinya. 


Penyebab Rumus SUM Hasilnya 0 ( Nol )


Dalam Excel rumus SUM bisa digunakan untuk menjumlahkan angka pada sheet yang sama dan juga sheet yang berbeda. Rumus SUM beda sheet juga bisa mengalami hasilnya 0 ( nol ) karena masalah ini memang sering ditemukan. Pertanyaan yang paling besar adalah apakah kesalhan ini ada pada deret angka atau justru ada pada rumus Excel SUM.

Pada dasarnya penyebab munculnya hasil nol pada rumus Excel SUM bukan berasal dari rumus ini. Kesalahan tersebut merupakan akibat dari adanya masalah pada deret angka. Tapi memang masalah tersebut juga kadang bukan merupakan kesalahan dari kita yang mengolah data. Hanya saja kita tidak menyadari kesalahan pada deret angka tersebut.

Berdasarkan pengalaman, penyebab dari munculnya masalah ini ada 2. Kedua penyebab tersebut murni berasal dari deret angkanya. Sehingga yang perlu diperiksa adalah deret angka bukan rumus Excelnya. Untuk detail apa saja kedua penyebab tersebut mari kita bahas satu persatu.

   

1. Angka Didahului Dengan Tanda Petik


Secara default angka akan diketik secara langsung tanpa tanda petik. Tanda petik atau tanda kutip satu tersebut biasanya muncul dari angka yang sumber datanya hasil dari data base lain. Munculnya tanda petik didepan angka akan mengubah format angka menjadi teks. Inilah yang menjadi penyebab rumus Excel tidak bisa menjumlahkan angka dari deretnya.

Tentu langkah mudah untuk menjumlahkan angka yang menggunakan tanda kutip satu adalah menghilangkan tanda kutipnya. Jika memang mengalami kondisi ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasinya di bagian bawah artikel ini.

  

2. Angka Hasil Dari Rumus Excel TEXT


Selanjutnya penyebab munculnya hasil nol pada rumus Excel SUM adalah perubahan format angka yang dilakukan menggunakan rumus TEXT. Dalam Excel rumus TEXT ini fungsinya memang untuk mengatur format angka. Ada banyak bentuk data yang bisa diatur dengan rumus ini dan satu diantaranya adalah format angka. Misalnya menambahkan format ribuan pada deret angka. Dengan cara ini maka angka akan terlihat lebih rapi serta mudah dipahami.

Masalah yang akan muncul adalah angka yang sudah dipisahkan dengan symbol ribuan tidak akan bisa dijumlahkan dengan rumus Excel SUM. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa format ribuan angka memisahkan angka dengan tanda titik atau koma. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan deret angka hanya akan menampilkan hasil nol jika dijumlahkan dengan rumus Excel SUM.

Munculnya hasil nol pada angka dengan rumus Excel TEXT ini murni bukan kesalahan dari rumus TEXT ataupun rumus SUM. Tapi jika memang ingin menjumlahkan deret angka tersebut dengan rumus SUM ada beberapa cara yang bisa dipilih salah satu diantaranya.

 

Cara Mengatasi Rumus Excel SUM Hasilnya 0 ( Nol )


Setelah mengetahui penyebabnya maka selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara mengatasi munculnya hasil nol pada rumus Excel SUM. Proses penjumlahan angka otomatis dalam Excel menggunakan rumus ini adalah cara yang paling umum digunakan. Sehingga jika muncul masalah ini maka kita sudah mengetahui apa saja cara untuk mengatasinya.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Rumus Excel SUM Hasilnya Nol


Pada contoh tersebut sudah ada 2 deret angka yang diketik pada kolom B serta kolom D. Pada kedua kolom tersebut kondisi angka memang berbeda - beda. Pada kolom B angka menggunakan tanda petik terlebih dahulu sedangkan pada angka pada kolom D tidak menggunakan tanda petik. Selanjutnya pada kedua deret tersebut sudah digunakan rumus Excel SUM.

Hasil dari rumus Excel SUM pada kolom B adalah nol atau tidak bisa dijumlahkan. Sedangkan hasil dari penjumlahan angka pada kolom D bisa muncul sesuai dengan yang seharusnya. Angka pada kolom D sebenarnya bukan diketik tetapi kita sudah menggunakan cara tertentu. Cara tertentu tersebut akan kita bahas satu persatu sampai dengan selesai.

 

1. Menghapus Tanda Kutip 1


Cara pertama untuk menjumlahkan angka pada kolom diatas supaya tidak muncul angka nol adalah menghapus tanda petiknya. Menghapus tanda petik ini tidak akan dilakukan satu persatu tetapi akan dilakukan dengan menggunakan menu Convert to number. Menu tersebut akan otomatis muncul jika angka yang diketik memang menggunakan tanda petik didepan. Setelah tanda petik tersebut dihapus maka angka akan otomatis bisa dijumlahkan dengan baik.

Untuk menghilangkan tanda kutip satu pada deret angka tersebut misalnya pada kolom B maka langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Blok Cell B4 sampai dengan B9
  2. Setelah Cell tersebut di blok maka akan muncul tanda seru dibagian Cell paling atas sebelah kiri
  3. Klik tanda seru warna kuning
  4. Klik Convert to Number

Setelah menggunakan langkah diatas maka secara otomatis tanda petik pada angka akan dihilangkan. Hilangnya tanda petik pada angka maka secara otomatis angka tersebut akan bisa dijumlahkan. Pada contoh gambar diatas angka pada kolom D sudah dihilangkan tanda petiknya sehingga rumus Excel SUM sudah bisa muncul sesuai dengan fungsinya.


Mengatasi Rumus SUM Hasilnya Nol


Silahkan gunakan cara ini jika memang menemukan angka dengan tambahan tanda petik. Supaya proses penjumlahan menggunakan rumus Excel SUM bisa berjalan dengan baik. Jika langkahnya bisa dilakukan dengan benar maka tampilan akan otomatis seperti yang terlihat pada contoh diatas.


2. Memindahkan Angka Pada Kolom Berbeda


Cara kedua untuk mengatasi hasil rumus Excel SUM nol adalah memindahkan angka pada kolom lain. Pemindahan angka pada deret atau kolom lain ini juga akan dilakukan menggunakan rumus Excel. Maksudnya bukan dipindahkan satu persatu kemudian dihilangkan tanda petiknya.

Misalnya pada contoh gambar diatas angka pada kolom B menggunakan tanda petik. Kemudian pada kolom D kita akan menggunakan rumus Excel. Rumus Excel tersebutlah yang nantinya akan menghilangkan tanda petiknya.

Rumus Excel :

=VALUE(B4)

Rumus Excel diatas akan diketik dan digunakan pada Cell D4. Hasilnya angka pada Cell D4 tersebut akan muncul dan tanda petiknya akan hilang. Selanjutnya silahkan copy dan pastekan rumus tersebut mulai dari Cell D5 sampai dengan Cell D9.

 

3. Menambahkan Array Pada Rumus Excel SUM


Selanjutnya cara terakhir untuk mengatasi rumus SUM hasilnya nol adalah menambahkan array pada rumus ini. Cara ini merupakan langkah yang paling mudah dibandingkan dengan 2 cara diatas. Hanya saja memang kita harus memahami cara menggunakan array terlebih dahulu. Rumus SUM yang telah ditambahkan dengan array tersebut akan langsung diketik pada Cell B10.

Rumus Excel :

{=SUM(VALUE(B4:B9*1))}

Rumus Excel tersebut akan ditempatkan pada Cell B10. Dengan rumus tersebut maka secara otomatis angka akan dijumlahkan meskipun masih menggunakan tanda petik atau tanda kutip satu. Artinya dengan cara ini kita tidak perlu menghilangkan tanda petiknya terlebih dahulu.

Mohon dicatat, munculnya tanda kurung pada rumus Excel ini bukan diketik secara manual. Jika diketik secara manual maka rumusnya akan otomatis error. Adapun langkah untuk menyusun rumus SUM dengan tambahan array pada Cell B10 adalah sebagai berikut :

  1. Susun rumus Excel seperti biasanya yaitu : =SUM(VALUE(B4:B9*1))
  2. Tempatkan mouse atau klik akhir dari rumus Excel tersebut
  3. Tekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan

Dengan menggunakan tiga langkah diatas maka secara otomatis akan muncul tanda kurung pada rumus Excel SUM. Tanda kurung tersebutlah yang disebut dengan array. Adapun untuk menambahkan array pada rumus Excel cukup dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Enter secara bersamaan.


Kesimpulan


Dari pembahasan diatas bisa kita simpulkan bahwa jika mengalami hasil rumus Excel SUM nol tidak perlu khawatir. Karena memang itu bukan merupakan kesalahan dari rumus Excelnya. Kita hanya perlu memperbaiki beberapa kesalahan pada deret angka atau menggunakan cara lain sesuai dengan penjelasan diatas.

Pada dasarnya tiga cara diatas cukup dipilih salah satu diantaranya saja. Misalnya kita hanya akan menghitung angkanya saja maka gunakan saja cara kedua. Contoh lain misalnya tujuannya memang menjumlahkan angka saja dan sudah memahami penggunaan array maka silahkan gunakan cara ketiga.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang penyebab serta cara mengatasi hasil rumus Excel SUM angka nol. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca dan sampai jumpa kembali pada pembahasan menarik lainnya dari adhwebsite.com.

Post a Comment