Inilah Alasan Pentingnya Memahami Excel Sebelum Melamar Pekerjaan

Inilah beberapa alasan pentingan memahami Excel baik untuk Karyawan atau Pelamar Kerja lengkap dengan cara mudah belajarnya

Jika membahas lamaran pekerjaan tentu ini bisa kita bagi kedalam dua jenis yaitu untuk fresh graduate dan untuk yang sudah berpengalaman.

Ada banyak skill yang dibutuhkan oleh pelamar kerja tersebut supaya bisa diterima di Perusahaan favoritnya.

Salah satu skill yang penting untuk dikuasai oleh pelamar kerja adalah Microsoft Excel.

Lalu, apakah memang penting Excel untuk sebuah pekerjaan ?

Memang tidak semua pekerjaan menggunakan Excel bahkan banyak juga Perusahaan yang sudah memiliki aplikasi khusus.

Tapi sebaliknya, ada juga beberapa posisi pekerjaan yang memang sangat memerlukan penguasaan pada Microsoft Excel.

Jika tertarik posisi apa saja yang wajib menguasai Excel serta apa alasan Excel penting untuk dipahami mari kita bahas bersama - sama pada artikel ini sampai dengan selesai.


Peran Excel Dalam Dunia Kerja


Tidak bisa dipungkiri bahwa Excel memiliki peran yang sangat penting pada proses pengolahan data Perusahaan.


Pentingnya Memahai Excel Sebelum Melamar Kerja


Bahkan Excel ini sudah digunakan sebagai aplikasi utama jika Perusahaan belum memiliki aplikasi khusus untuk pengolahan data.

Berikut ini adalah beberapa peran Excel dalam dunia kerja yang memang sangat penting :


1. Aplikasi Umum dan Banyak Dikenal


Seperti yang disebutkan diatas bahwa Excel ini merupakan aplikasi pilihan utama bagi Karyawan jika Perusahaan belum memiliki aplikasi khusus.

Ini tentu memiliki alasan dan beberapa alasan diantaranya adalah Excel memiliki kapasitas yang cukup besar untuk penyimpanan data, tampilan Excel sangat familiar karena sering digunakan, memiliki banyak rumus untuk membantu mempercepat pengolahan data.


2. Kemudahan Visualisasi Data


Proses analisa data pada Perusahaan tentu merupakan hal yang sangat penting. Setelah proses analisa selesai dilakukan maka perlu untuk dibuatkan laporan.

Laporan tersebut akan diberikan kepada para pihak terkait. Inilah letak masalahnya, tidak semua orang mudah untuk memahami tampilan laporan data yang disajikan.

Excel memiliki banyak fitur untuk mempermudah visualisasi data seperti grafik dengan berbagai bentuk, shape dengan berbagai ukuran dan lain - lain.


3. Kemudahan Dalam Menyusun Laporan Keuangan


Saat ini Excel merupakan satu dari beberapa pilihan sebagai aplikasi yang digunakan pada proses penyusunan Laporan keuangan.

Laporan keuangan ini harus disusun dengan cepat, akurat dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Excel memiliki hampir semua unsur yang dibutuhkan seperti, rumus, tabel dan format lain terkait dengan Laporan Keuangan.


Profesi Yang Membutuhkan Skill Excel


Jika memang Excel ini merupakan aplikasi penting untuk dunia usaha lalu kira - kira profesi apa saja yang memang membutuhkan skill ini.

Adhwebsite.com merangkum beberapa profesi secara umum yang memang sering bersinggungan dengan Excel.


1. Analis Keuangan


Jika berprofesi sebagai analis keuangan tentu sifatnya wajib menyajikan data dengan akurasi yang sangat tinggi. Selain itu perlu disusun data yang mudah untuk dipahami oleh orang awam sekalipun karena data yang disusun akan dipelajari oleh orang lain.

Excel memiliki banyak fitur terkait dengan penyajian data kompleks tetapi mudah untuk dipahami oleh orang lain.


2. Akuntan & Auditor


Rasanya ini tidak perlu banyak dijelaskan, seorang Akuntan dan Auditor akan selalu menggunakan Excel saat melakukan analisa data.

Ada banyak rumus dalam Excel yang dapat digunakan untuk mempercepat proses perhitungan serta mempermudah penyajian data.

 

3. Analisa Data


Para analis data akan menggunakan Excel untuk menyusun serta analisa data. Setidaknya ada 2 tujuan utama pada analis data menggunakan Excel.

Pertama adalah mempermudah proses analisa dan kedua adalah untuk membuat visualisasi yang menarik pada data tersebut.


4. Asisten Administratif


Ada banyak pekerjaan administrasi yang dikelola dengan menggunakan Excel. Sebut saja ada bagian gudang, penjualan, keuangan dan lain - lain.

Bagian administrasi tersebut tentu memiliki fungsi yang berbeda - beda sehingga rumus Excel yang digunakan juga akan berbeda - beda.

Ada beberapa rumus Excel untuk admin kantor yang wajib diketahui, sebut saja IF, VLOKUP, SUM dan lain - lain.

Rumus Excel tersebut akan sangat membantu terutama dalam mempercepat proses perhitungan yang sedang dilakukan. 


5. Market Research Analyst


Data yang biasa digunakan oleh seorang Market Research Analyst cukup banyak misalnya data penjualan, data barang, harga dan lain - lain.

Dengan Excel seluruh data yang didapatkan tersebut bisa disusun secara mudah untuk dilakukan analisis sesuai dengan kebutuhan.


6. Sales Manager


Seorang sales manager tentu akan banyak bersinggungan dengan data penjualan. Data penjualan tersebut harus disusun sedemikian rupa supaya mempermudah proses analisa.

Tentu kemudahan penyusunan data memang dimiliki oleh Excel mulai dari tampilan sampai dengan proses perhitungan.

 

7. Financial Manager


Seorang Financial Manager akan menerima banyak data terkait dengan keuangan yang akan dianalisa. Dalam kondisi tertentu kadang memang diperlukan penyusunan data secara khusus dengan tujuan mempermudah prosesnya.

Penyusunan data secara terstruktur bisa dilakukan dengan menggunakan Excel bahkan mencari serta menemukan data yang akan digunakan sebagai analisa utama juga bisa dilakukan dengan sangat mudah.


8. Logistik dan Gudang


Tugas team di Logistik atau Gudang adalah melakukan pencatatan pada penerimaan serta pengeluaran barang secara rutin berdasarkan SOP Perusahaan.

Hal tersebut penting untuk dilakukan supaya barang bisa dijaga secara penuh serta kebutuhan Perusahaan juga bisa terpenuhi.

Setidaknya ada 2 peran Excel pada bagian ini yaitu pertama bisa digunakan untuk menyusun aplikasi stok barang sederhana.

Sedangkan yang kedua adalah tentu ada beberapa rumus Excel yang dapat digunakan untuk pengolahan data barang.

Banyak rumus Excel yang wajib diketahui oleh seorang admin gudang supaya proses perhitungan barang menjadi jauh lebih cepat dan mudah.


Alasan Pentingnya Memahami Excel


Pada penjelasan diatas sebenarnya sudah terlihat bahwa memang Excel ini memegang peran yang sangat penting pada banyak pekerjaan.

Tapi jika kita membahas peran Excel secara khusus bagi seorang Karyawan rasanya kita harus bagi kedalam 2 jenis atau 2 kondisi yaitu untuk yang sudah bekerja dan untuk yang akan mencari pekerjaan.


1. Untuk Pekerja / Karyawan


Bagi seorang Karyawan tentu Excel ini akan selalu menemani pada proses pengolahan data setiap hari.

Banyak manfaat Excel untuk seorang pekerja diantaranya adalah akan mempercepat serta mempermudah proses pengolahan data yang sedang dilakukan.

Jika memang seorang Pekerja tidak memahami Excel rasanya akan cukup repot untuk melakukan analisa dan pengolahan data.

Bayangkan Anda akan mengolah data dengan Excel tapi Anda sendiri belum menguasai aplikasi ini ?


2. Untuk Pelamar Kerja


Tujuan melamar sebuah pekerjaan tentunya adalah supaya diterima. Ada banyak unsur yang bisa menjadi pertimbangan perusahaan untuk menerima lamaran atau justru menolaknya.

Ingat, belum semua perusahaan memiliki aplikasi khusus untuk pengolahan data sehingga Excel ini menjadi aplikasi utama yang digunakan.

Jika yang dibutuhkan adalah Karyawan yang menguasai skill Excel tentu tes yang dilakukan juga akan mengolah data dalam Excel.

Jika pelamar bisa memperlihatkan skill yang baik dalam mengolah data Excel tentu ini akan sesuatu yang sangat baik.

Bahkan bisa saja dengan alasan memiliki kemampuan pengolahan data dengan Excel menjadi alasan Perusahaan menerima Anda.


Cara Belajar Excel Mudah dan Cepat


Karena Excel memang memiliki peran yang sangat penting berikut ini adhwebsite.com menyusun tiga cara mudah untuk belajar aplikasi Excel.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengeluarkan biaya dan bisa juga dilakukan dengan cara tanpa biaya sama sekali.


1. Memiliki Komputer atau Laptop


Excel adalah aplikasi yang harus dipahami bukan dihafalkan. Sehingga praktek menjadi peran yang sangat penting.

Jika memiliki Komputer atau laptop di rumah silahkan pasang aplikasi Excel dan mulai belajar dari awal.

Tidak perlu menguasai seluruh rumus Excel karena sebenarnya masing – masing profesi memiliki kepentingan hanya pada beberapa rumus Excel saja.


2. Mengikuti Kursus Excel


Cara kedua adalah mengikuti kursus Excel yang disediakan oleh lembaga khusus. Cara ini memang akan cukup efektif tapi mohon dicatat bahwa cara ini akan mengeluarkan sejumlah biaya.

Pastikan sudah mengetahui berapa biaya yang wajib dibayarkan supaya sesuai dengan budget yang dimiliki.


3. Belajar di adhwebsite.com


Jika tidak memiliki dana yang cukup untuk mengikuti kursus maka cara ketiga ini menjadi solusinya.

Silahkan baca artikel yang dibuat oleh adhwebsite.com karena secara detail blog ini akan membahas Excel mulai dari rumus sampai dengan tutorialnya.

Membaca dan mempelajari Excel melalui adhwebsite.com tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Bahkan untuk beberapa pembahasan yang cukup rumit adhwebsite.com akan menyertakan contoh file Excel secara langsung. 


Kesimpulan


Memang tidak ada kewajiban bagi seorang Karyawan atau Pelamar untuk menguasai skill Excel.

Hanya saja memang rasanya akan menjadi suatu hal baik jika kita memiliki skill terkait dengan Excel.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa faktanya masih banyak Perusahaan yang memanfaatkan Excel sebagai aplikasi untuk pengolahan data.

Sering juga kita temui bahwa Perusahaan yang sudah memiliki aplikasi khususpun tetap menggunakan Excel sebagai aplikasi tambahan.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang pentingnya menguasai Excel sebelum melamar pekerjaan dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. 

Post a Comment