AdhWebsite | Blog Rumus dan Tutorial Excel

Cara Menampilkan Hari Bahasa Indonesia Dalam Excel Menggunakan Rumus

Inilah cara mudah menampilkan nama hari bahasa Indonesia dalam Excel menggunakan Rumus Excel dan LCID

Konsep pengaturan tanggal dalam Excel dibagi menjadi tiga unsur yaitu hari, bulan serta tahun.

Khusus untuk tanggal atau hari bisa ditampilkan dengan menggunakan 2 bentuk. Pertama ditampilkan dalam bentuk angka dan kedua ditampilkan dalam bentuk teks.

Pengaturan Format Excel tersebut bisa dipilih apakah akan tetap dalam bentuk angka atau teks.

Selanjutnya jika akan ditampilkan dalam bentuk teks maka kendala yang biasanya muncul adalah bahasa. Nama hari dalam Excel bisa ditampilkan dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan lain - lain.

Jika default nama hari muncul dalam bahasa Inggris dan ingin mengubahnya kedalam bahasa Indonesia maka solusinya ada pada artikel ini.


Default Pilihan Bahasa Untuk Nama Hari Dalam Excel


Dalam prakteknya kadang kita temui Excel yang menampilkan bahasa Indonesia dan ada juga yang menampilkan hari dalam bahasa Inggris.

Ini memang merupakan setting default yang dibawa dari Komputer masing - masing.


Menampilkan Hari Bahasa Indonesia Dalam Excel


Adapun setting default pada nama hari dalam Excel berasal dari Regional & Language atau adhwebsite.com menyebutnya dengan Regional Setting.

Biasanya ada dua bahasa default yang sering ditemui untuk nama hari dalam Excel.

Pertama adalah hari dalam bahasa Indonesia serta yang kedua nama hari dalam bahasa Inggris.

Jika ditemui format yang tidak sesuai dengan kebutuhan maka ini bisa diubah dengan cara yang sangat mudah.

Ini termasuk kedalam cara mengatur format tanggal dalam Excel dan adhwebsite.com akan membahasnya dengan menggunakan beberapa cara.


Cara Menampilkan Nama Hari Dalam Bahasa Indonesia


Menampilkan hari dalam Excel menggunakan bahasa Indonesia ini akan kita bagi kedalam 2 pembahasan sesuai dengan Regional & Language pada Komputer.

Jika memang setting pada Regional tidak sesuai dengan bahasa yang diinginkan kita akan mengubahnya menggunakan kode tertentu.

Perubahan tersebut tentu tidak akan berpengaruh pada Komputer selain Excel karena Regional & Language tidak kita ubah sama sekali.

  

1. Hari Indonesia Regional Setting Indonesian


Pembahasan pertama kita akan menampilkan hari dalam bahasa Indonesia jika Regional Setting sudah diubah kedalam Indonesian.

Cara ini memang tidak akan terlalu sulit karena konsep Regional Setting Indonesian ini secara default akan menampilkan format dalam bahasa Indonesia.

Bahkan Regional Setting ini akan berpengaruh terhadap cara menampilkan hari, tanggal, bulan dan tahun secara keseluruhan. Karena seperti yang disebutkan diatas bahwa setting ini akan berpengaruh terhadap seluruh format aplikasi.

Untuk contoh menampilkan nama hari bahasa Indonesia silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Menampilkan Hari Indonesia


Pada contoh tersebut kita sudah mengetik tanggal pada kolom A dan selanjutnya tanggal ini akan ditampilkan atau diubah hanya kedalam nama hari saja.

Pada kolom C nama hari sudah bisa ditampilkan secara default dan pada kolom D nama hari bahasa Indonesia digabungkan dengan deret tanggal.

Default nama hari sudah muncul bahasa Indonesia karena memang regional Setting sudah ditetapkan ke Indonesian.

Ini artinya kita tidak perlu repot untuk mengubah nama hari kedalam bahasa Indonesia karena secara default sudah menggunakan bahasa tersebut.

Adapun rumus yang digunakan pada Cell C4 untuk menampilkan hari dalam Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"dddd")


Dengan rumus tersebut hari dari tanggal akan otomatis ditampilkan dan jika tanggal pada kolom A diubah maka teks harinya juga akan otomatis berubah mengikuti tanggal tersebut.

Selanjunya jika akan menambahkan hari pada deret tanggal maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"dddd, dd-mm-yyy")


Cara ini memang tidak terlalu sulit karena secara default regional Indonesian memang menggunakan bahasa Indonesia pada nama hari.

Jadi, ketika kita memisahkan tanggal, bulan dan tahun dalam Excel secara otomatis bahasa yang digunakan adalah Indonesia.

  

2. Hari Indonesia Regional Setting English


Apakah pernah mengalami nama hari secara default tampil menggunakan bahasa Inggris dalam Excel ?

Tenang, tidak usah khawatir karena kita bisa mengubah default tersebut dengan menampilkan hari bahasa Indonesia.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Menampilkan Hari Inggris ke Indonesia Dalam Excel


Pada contoh diatas secara default nama hari ditampilkan dalam bahasa Inggris karena Regional Setting yang digunakan pada Komputer adalah English.

Untuk mengubah hari dari bahasa Inggris ke hari Indonesia maka ada 2 pilihan cara yang bisa digunakan.

Cara pertama adalah mengubah Regional & Language dari English ke Indonesian sedangkan cara kedua menggunakan LCID.

Khusus LCID ini bisa digunakan untuk menampilkan nama hari dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, Korea dan lain - lain tanpa harus mengubah Regional Setting.

Jika akan mengubah Regional & Language maka langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol Start dibagian bawah sebelah kiri pada Komputer
  2. Klik : Control Panel
  3. Pada menu View by klik : Large Icons
  4. Klik : Regional and Language
  5. Klik Tab Formats
  6. Pada kotak Format pilih atau klik : Indonesian (Indonesia)
  7. Klik : OK

Dengan menggunakan langkah diatas maka secara otomatis nama hari yang awalnya bahasa Inggris akan berubah menjadi bahasa Indonesia.

Tapi ingat bahwa yang berubah bukan hanya pada Excel saja, ada beberapa aplikasi lain yang mungkin akan terpengaruh dengan perubahan tersebut.

Jika perangkat Komputer yang digunakan merupakan Asset kantor mohon hubungi pihak IT terlebih dahulu. Karena sebatas pengetahuan adhwebsite.com ada beberapa aplikasi yang wajib menggunakan default bahasa tertentu.

Jika dirasa cara diatas terlalu repot dan berisiko karena akan berpengaruh terhadap aplikasi lain maka mari gunakan cara yang kedua.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa cara kedua ini kita akan menggunakan kode LCID untuk menampilkan hari bahasa Indonesia.

Apa itu LCID ?

Secara singkat LCID atau Language Code Identifier adalah kode preferensi yang terkait dengan bahasa. Kode ini sudah ditetapkan untuk beberapa Negara dan tentu bisa digunakan sesuai dengan lokasi masing - masing Negara tersebut.

Jadi, LCID ini merupakan beberapa kode yang ditetapkan secara Internasional terkait dengan beberapa hal termasuk bahasa didalamnya.

Berikut ini adalah beberapa kode LCID terkait dengan hari :

  • 0421 : Indonesia
  • 0409 : Inggris
  • 0411 : Jepang
  • 0401 : Arab
  • 0412 : Korea

Ini penting untuk dipahami, misalnya komputer menggunakan default bahasa Inggris dan kita akan mengubahnya kedalam bahasa Indonesia maka gunakan kode LCID 0421.

Sebaliknya jika misalnya default bahasa adalah hari Indonesia tetapi kita akan menampilkan dalam hari bahasa Inggris maka gunakan kode LCID 0409.

Jangan sampai kebolak - balik misalnya default sudah hari Indonesia tapi kita menggunakan kode LCID 0421.

Selanjutnya untuk contoh misalnya default hari adalah bahasa Inggris dan kita akan mengubahnya ke hari Indonesia maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0421]dddd")


Contoh lain misalnya default bahasa adalah hari Indonesia dan kita ingin mengubahnya kedalam hari bahasa Korea maka rumusnya adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0412]dddd")


Penempatan kode LCID harus didahului dengan symbol "$-" ini sifatnya wajib dan pastikan sudah terpasang sebelum menulis kode LCID.    

Ada beberapa format yang memang sangat terpengaruh oleh Regional & Language selain nama hari seperti yang sudah dijelaskan diatas. Misalnya kita akan menambahkan format ribuan pada angka.

Jika default yang digunakan adalah English maka pemisah ribuan yang digunakan adalah koma. Sedangkan jika menggunakan default Indonesia maka pemisah ribuan adalah titik.

Bedanya pada format ribuan tersebut Excel sudah memberikan menu untuk mengubahnya tanpa harus melalui Regional Setting. 


Penutup


Konsep dan penggunaan nama hari Indonesia ini dalam kondisi tertentu memang sangat dibutuhkan. Misalnya pada proses perhitungan lembur.

Karena pada proses perhitungan lembur tersebut hari merupakan dasar penetapan rumusnya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa lembur pada hari libur dengan lembur pada hari biasanya rumusnya berbeda - beda.

Untuk mengubah hari Inggris ke Indonesia secara default bisa dengan cara memilih Regional Indonesia dari awalnya English.

Tapi jika tidak ingin repot mengubah Regional and Language silahkan gunakan rumus Excel TEXT dan tambahkan kode LCID Indonesia.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang menampilkan hari bahasa Indonesia dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment