AdhWebsite | Blog Rumus dan Tutorial Excel

2 Cara Cepat dan Mudah Mengubah Hari Inggris ke Indonesia Dalam Excel

Inilah 2 cara mengubah teks hari bahasa Inggris ke Indonesia tanpa rumus dan dengan rumus Excel

Apakah pernah mengalami nama hari tampil default dalam bahasa Inggris pada Microsoft Excel ?

Tenang, itu artinya default bahasa yang digunakan pada Komputer adalah bahasa Inggris sehingga hari tampil default pada bahasa yang sama.

Lalu, apakah ini bisa diubah dengan cara mudah serta cepat ?

Tentu bisa, hanya saja kita perlu mengatur Format Excel supaya hari Inggris berubah menjadi hari Indonesia baik secara default maupun menggunakan rumus Excel.

Dalam Excel secara umum ada 2 cara untuk mengatur tampilan bahasa yaitu menggunakan Custom Number Format serta menggunakan Rumus Excel. Khusus rumus ada 2 yang bisa digunakan yaitu TEXT serta CHOOSE.

Hanya saja dari dua rumus tersebut rasanya akan lebih baik menggunakan rumus Excel TEXT saja dibandingkan dengan rumus Excel CHOOSE.


Default Hari Dalam Microsoft Excel


Secara umum ada 2 default bahasa yang sering digunakan dalam Excel di Indonesia yaitu bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris.


Mengubah Hari Inggris ke Indonesia Dalam Excel


Kedua bahasa default tersebut tergantung kepada setting Region and Language pada Komputer yang digunakan.

Jika Region and Language yang dipilih adalah Indonesian maka default nama hari adalah bahasa Indonesia. Sebaliknya jika Region and Language yang dipilih adalah English maka default bahasa untuk nama hari adalah Inggris.

Dari penjelasan diatas terlihat bahwa salah satu cara mengubah hari Inggris ke Indonesia adalah mengubah Region and Languages.

Konsep ini pada dasarnya ini sama dengan cara mengatur format tanggal dalam Excel karena memang hari ini termasuk kedalam satu dari 3 unsur yang ada pada deret tanggal lengkap.

Lalu, apakah hanya 1 cara tersebut untuk mengubah hari inggris ke Indonesia ?

Tentu tidak karena ada 1 cara lain yang lebih cepat dan mudah untuk mengubah nama hari dalam Excel yaitu kode LCID.


Cara Cepat Mengubah Hari Inggris ke Indonesia Dalam Excel


Seperti yang disebutkan diatas bahwa untuk mengubah hari Inggris ke Indonesia ada 2 yaitu mengubah Region and Language serta rumus Excel.

Silahkan perhatikan gambar berikut ini :


Contoh Mengubah Hari Inggris ke Indonesia Dalam Excel


Pada contoh tersebut kita sudah mengetik tanggal dalam kolom A selanjutnya pada kolom B adhwebsite.com sudah menampilkan nama hari.

Secara default nama hari yang muncul adalah bahasa Inggris karena adhwebsite.com menggunakan Regional English (United States).  

Catatan penting yang perlu diperhatikan adalah jika default Region and Language adalah Indonesian maka tidak perlu menambahkan kode LCID.

Karena hari yang akan tampil adalah Indonesia dan kita sudah bahas ini pada artikel cara menampilkan hari bahasa Indonesia dalam Excel.

Selanjutnya untuk cara mengubah hari Inggris ke Indonesia mari kita bahas satu persatu sesuai dengan urutan diatas.    

 
1. Mengubah Region and Language


Jika ingin mengubah hari Inggris ke Indonesia dalam Excel dengan cara mengganti Region and Language maka langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol Start dibagian bawah sebelah kiri
  2. Klik : Control Panel
  3. Klik View by kemudian pilih : Large Icons
  4. Klik : Region and Language
  5. Klik Tab Formats
  6. Klik Tab Format kemudian pilih : Indonesian (Indonesia)
  7. Klik : OK

Dengan langkah diatas maka secara otomatis nama hari yang awalnya bahasa Inggris akan berubah menjadi bahasa Indonesia.

Tapi ingat bahwa langkah diatas akan mengubah banyak hal bukan hanya bahasa saja. Misalnya pada cara menambah format ribuan dalam Excel juga akan berubah.

Karena pada Region and Language English pemisah ribuan adalah symbol koma sedangkan pada Region ini pemisah ribuan adalah symbol titik.


2. Menggunakan Kode LCID


Cara kedua ini menarik untuk dibahas karena LCID bisa mengubah hari ke Indonesia, Inggris, Jepang, Arab, Korea dan bahasa lainnya meskipun tidak mengubah Region and Language.

Jadi, pada cara kedua ini kita tidak akan mengubah Region and Language yaitu tetap English (United States).

Adhwebsite.com tidak mengubah Region and Language yaitu tetap English (United States) pada contoh gambar diatas.

Tapi nama hari bisa diubah kedalam bahasa Indonesia seperti yang terlihat pada kolom D. Bahkan nama hari Indonesia tersebut bisa disandingkan secara langsung berbarengan dengan hari bahasa Inggris.

Pada kolom B adhwebsite.com sudah menampilkan hari secara default dengan menggunakan rumus Excel berikut ini :


=TEXT(A4;"dddd")


Karena Region and Language yang digunakan adalah English maka secara otomatis hari yang tampil adalah bahasa Inggris.

Selanjutnya supaya hari tersebut tampil dan berubah menjadi bahasa Indonesia tanpa mengubah Region and Language maka rumus pada kolom D adalah sebagai berikut :


=TEXT(A4;"[$-0421]dddd")


Dengan menggunakan rumus yang kedua ini maka hari yang awalnya bahasa Inggris akan otomatis berubah menjadi bahasa Indonesia.

Kode $-0421 merupakan LCID untuk bahasa Indonesia dan kode untuk negara lain tentu akan berbeda - beda. Tapi penempatan kode LCID pada rumus Excel TEXT akan tetap sama dengan contoh diatas.


Kesimpulan


Pada dasarnya sangat mudah mengubah hari Inggris ke Indonesia dalam Excel seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Jika akan mengubah hari Inggris ke Indonesia secara keseluruhan termasuk format lain seperti tanggal, mata uang, jam maka silahkan ubah Region and Language dari English (United States) ke Indonesian (Indonesia).

Sedangkan jika mengubah hari Inggris ke Indonesia hanya untuk hari saja maka silahkan tambahkan kode LCID 0421 pada Custom Number Format atau Rumus Excel TEXT.

Cara kedua ini tidak akan mengubah format lain karena memang hanya berlaku pada Cell atau kolom yang menggunakan rumus ini saja.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara mengubah hari Inggris ke Indonesia dalam Excel dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.

Post a Comment